Disable Preloader

Telpon : (0328) 662779

Email : dlh@sumenepkab.go.id

DLH SUMENEP Hadiri Bimbingan Teknis Pengelolaan Persampahan DAK Bidang Sanitasi

DLH SUMENEP - Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Sumenep menghadiri acara bimbingan teknis bagi TPS3R yang baru di resmikan pada Rabu, 14 Desember 2022.

Bimbingan teknis yang bertema Pengelolaan Persampahan DAK Bidang Sanitasi Tahun Anggaran 2022, diadakan di Desa Giring, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep.

Acara bimbingan teknis ini, diketahui dihadiri oleh Dinas PUTR, Dinas Lingkungan Hidup, pengurus TPS3R dan masyarakat sekitar.

.

Dedi Falahudin selalu Perwakilan dari Dinas PUTR, mengatakan bahwa dengan adanya bangunan TPS3R bisa menjadi solusi bagi persoalan sampah di Desa Giring.

"Harapannya, dengan adanya TPS3R ini menjadi solusi bagi permasalahan sampah di Desa Giring, Kecamatan Manding" ucap perwakilan di Dinas PUTR.

Arif Susanto, AP, M.Si, selaku pemateri menyatakan DLH siap bermitra dengan TPS3R yang baru dibentuk ini.

"TPS3R ini akan menjadi mitra DLH dalam persoalan sampah" ucap Arif sapaannya.

.

Arif juga mengatakan bahwa TPS3R ini juga butuh peran serta aktif dari masyarakat sekitar.

"Jalannya TPS3R ini bukan hanya menjadi tanggung jawab petugas, melainkan peran masyarakat juga sangat penting dalam perjalanan TPS3R" kata Arif.

Terakhir, Arif berharap kepada pemerintah desa juga turut mendukung dalam bentuk Peraturan Desa (PerDes) mengenai iuran penjemputan sampah.

"Harapannya, Pemerintah Desa Giring juga bisa memaksimalkan TPS3R dengan membuat Peraturan Desa mengenai iuran warga untuk penjemputan sampah" ujar Arif.

.

"Setelah ada PerDes mengenai iuran penjemputan sampah, Kades juga bisa bekerjasama dengan desa lain untuk penjemputan sampah di desa tersebut, sehingga pendapatan TPS3R yang digunakan untuk operasional bisa lebih besar." lanjutnya.***


Komentar Berita

Copyright© Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumenep